Isnin, 4 Mei 2009

Harapan Kepada Anggota DPD Riau

Bolehlah saya berharap banyak kepada para angota DPD yang baru saja terpilih mewakili Riau 2009-2014. Yang saya tahu dua orang diantaranya adalah ustadz kabir, satu pensiuanan Kadepag Riau, satu lagi ketua IKADI Prop Riau. Dua orang lagi juga dari kalangan ustadzah juga..

Dalam masa-masa fungsi DPD yang masih abu-abu, sudah tentu banyak ruang gerak kreatif yang bisa dipergunakan. Pandang saja dari sisi positifnya.

Yang sudah pasti, sesuai dengan kapasitas mereka mewakili kepentingan daerah, sebagai pengimbang terhadap ketimpangan jumlah penduduk sehingga daerah cukup kuat terwakili dalam hiruk-pikuk perebutan pengaruh, justru peran anggota DPD jauh lebih besar. Justru karena peluangnya sangat besar, seorang anggota DPD harus melengkapi dirinya dengan jaringan konstituent non partisan, dari berbagai assosiasi profesi, mencakupi segenap strata sosial masyarakat, dan seterusnya...

Intinya seorang anggota DPD harus siap belajar cepat. Tidak mesti memposisikan diri menjadi seorang ahli dalam setiap bidang, karena hal itu mustahil. Yang penting adalah meningkatkan kemampuan merekam aspirasi masyarakat, mendalami permasalahan yang multi spektrum, untuk kemudian memilah-milah masalah mana yang sangat perlu diangkat ketingkat pusat.

Di Jakarta permasalahan yang masuk dalam inbox sekretariat DPD tentu akan berjibun, karena masing-masing daerah pasti punya concern. Dalam tahap ini diperlukan kemampuan merangkul daerah-daerah yang memiliki permasalahan yang sama untuk kemudian mencari jalan-jalan yang mungkin ditempuh. Dan seterusnya..

Itu harapan saya dari kejauhan. Tidak bermaksud menggurui.

Untuk Riau issue yang selalu mengemukan adalah dana bagi hasil MIGAS. Nah dalam hal ini saya melihat Ustadz Gazali bisa lebih unggul, karena saya yakin banyak yang bisa dikerjakan oleh para profesional perminyakan di Chevron yang selama ini sudah menjadi konstituen beliau.

Bahkan saya sendiri bisa membantu, dan bersedia dipanggil pulang ke Pekanbaru, insya Allah, terutama sekali dalam masa-masa akhir pekan, atau dalam masa-masa liburan...

Selamat bertugas !

Tiada ulasan:

Catat Ulasan